Kamis, 13 Oktober 2011

TuxGuitar, Software Pencari Notasi & Tab Gitar

Sobat Hothotpop, pada postingan sebelumnya saya sudah membahas mengenai software pencari kunci gitar dan juga software librari/kumpulan database kunci gitar (chord). Nah, kali ini saya ingin membahas mengenai TuxGuitar. Buat apa sih TuxGuitar? Begini, kurang lengkap rasanya jika kita sudah bisa memainkan gitar namun belum menguasai untuk mencari melodi dari sebuah lagu. Mungkin bagi yang sudah master gitar sih mudah untuk mencari melodi suatu lagu, karena instingnya sudah bagus. Namun masalahnya, banyak diantara sobat yang baru pemula maupun medioker dalam dunia alat musik gitar. Nah, biar sobat-sobat gampang mengetahui melodi dari suatu lagu, maka gunakanlah software Tux Guitar ini, yah sambil belajar biar insting melodi gitarnya keluar. Anda mungkin sudah tahu software pemutar notasi & tabelatur gitar lainnya seperti Guitar Pro, namun TuxGuitar lebih murah karena tidak memerlukan lisensi, sebab mengunakan General Public License (GNU/GPL), alias gratis.

TuxGuitar merupakan suatu software opensource untuk mendeteksi maupun editing tabelatur gitar. Dimana termasuk fitur-fitur dasar, score editing, kemampuan untuk mengimpor dan ekspor format file guitar pro gp3, gp4, dan gp5. Selain itu, TuxGuitar dapat pula berfungsi sebagai editor dasar instrumen file MIDI. Maskot TuxGuitar berasal dari Tux, maskot pinguin dari berbagai aplikasi berbasis Linux. TuxGuitar ditulis dengan bahasa pemrograman Java, dengan antarmuka GUI Toolkit SWT dan GTK. Berikut screenshotnya:


Fitur : 
* Tablature editor
* Score Viewer
* Multitrack display
* Autoscroll while playing
* Note duration management
* Various effects (bend, slide, vibrato, hammer-on/pull-off)
* Support for triplets (5,6,7,9,10,11,12)
* Repeat open and close
* Time signature management
* Tempo management
* Imports and exports gp3,gp4 and gp5 files


Karena file gp4, gp5 atau gp3 merupakan notasi lagu yang terdiri dari beberapa alat musik, jadi besar kemungkinan ada notasi / tabelatur alat musik lainnya, seperti piano, flute, banjo, bas, drum, electric gitar, klarinet dan lain-lain. Jadi anda yang suka main piano pun masih dapat menggunakan software ini. Karena TuxGuitar adalah open source, jadi platform yang didukungnya pun banyak, dapat berjalan di Windows XP, Vista & 7, Linux, Mac dan lain-lain. Cara penggunaannya pun gampang, tigal load file gp3, gp4, maupun gp5, setelah itu otomatis akan terdeteksi notasi dari file gp5 tadi.


Silahkan download Softwarenya pada link di bawah ini:

1 komentar :

Entri Populer