Selasa, 20 September 2011

Tips Menjadi Master Turnamen Sit N Go Zynga Poker

Sobat hothotpop, game Texas Holdem Poker dari Zynga ini memang memiliki daya tarik yang kuat bagi banyak orang, sehingga banyak yang memainkannya. Lho koq bisa, mengapa demikian? Jawabannya simple, game ini memang asyik untuk dimainkan, dari yang mulai cuma untuk mengisi waktu luang hingga yang menjadikan poker sebagai ladang uang. Koq bisa jadi ladang uang? Soalnya, chip dari Texas Holdem Poker ini dapat dijual ke orang-orang yang maniak poker, harganya untuk 1 juta (1 Million atau 1 M) = Rp. 10.000,- namun jika anda membeli dalam jumlah banyak, maka anda akan diberikan diskon (biasanya 100 M = Rp 600.000,-). Banyak banget lho orang yang mencari chip, terutama di warnet-warnet. Bahkan mereka rela tidur di warnet 3 hari 3 malam demi bermain game Poker ini, biasanya membooking satu meja di warnet. Mereka membeli chip untuk adu di meja poker, kemudian jika menang berkali-kali lipat, mereka akan menjualnya kembali. Namun, bagi anda para newbie di dunia Zynga Poker ini, saya yakin anda lebih banyak kalah daripada menangnya. Terus Bagaimana dong agar bisa jago Poker? Saya akan membagi pengalaman saya selama bermain poker, saya telah mendapat jutaan rupiah dari hasil menjual chip ini.

OK, langsung saja saya berikan gambaran cara bermain poker yang benar.

  • Mainlah di turnamen, jangan main di meja biasa karena kalau bermain di meja biasa lawan-lawan anda akan bermain spekulatif (anda pasti di all in terus), hal ini berbeda jika anda main di meja turnamen. Ada beberapa turnamen yang layak anda coba. Jika anda hanya memiliki sedikit chip, cobalah main di turnamen Shout Out, pada turnamen ini anda diharuskan memainkan 3 babak, dan di 2 babak pertama anda harus jadi yang terbaik (alias juara 1). Jika anda berhasil masuk ke babak 3, maka hadiah chip sudah menanti anda (bagi juara 1 di ronde ini akan mendapatkan 500.000 chip, juara 2 memperoleh 200.000 chip, juara 3 mendapat 100.000 chip, juara 4 mendapat 50.000 chip dan juara 5 memperoleh 25.000 chip). Modal yang harus anda keluarkan murah sekali untuk dapat mengikuti turnamen ini, yaitu 2.000 chip saja.
  • Selain turnamen Shout Out diatas, ada juga turnamen Sit N Go, ini turnamen yang paling saya rekomendasikan. Mengapa? sebab kita hanya menjalankan 1 babak saja, tidak seperti Shout Out yang 3 babak. Berapa modal mengikuti turnamen ini? Bervariasi, mulai dari 1000 chip hingga 100 M chip. Namun untuk newbie saya rekomendasikan mengikuti Sit N Go yang kelas 100.000 chip. Nanti jika sudah tingkat advance, anda boleh ikut yang kelas 1 M ke atas. Namun ingat, di turnamen ini anda harus hati-hati jangan sembarang mengeluarkan chip, karena di meja semua peserta hanya diberikan 1000 chip saja. Pandai-pandailah mengatur strategi, agar chip anda efektif & efisien, harus tahu kapan waktunya all in, raise, dan fold. Intinya, jangan bermain gegabah, karena yang ikut biasanya sudah level Ace & Champion, mereka tidak akan takut jika di gertak. Untuk hadiahnya, juara 1 akan memperoleh 50% dari total chip peserta, juara 2 & 3 sebesar 30% & 20% dari total chip peserta. Misalnya, anda ikut turnamen Sit N Go kelas 100K sembilan meja, maka jika anda juara 1 maka akan mendapat 50% x 100K x 9 = 450K. Menarik bukan?
  • Permainan defensif sangat dianjurkan dalam sebuah turnamen, biasanya orang yang bermain ofensif akan terdepak lebih dahulu jika bermain di turnamen Poker ini. Carilah kartu kartu yang memiliki peluang besar untuk menang, misalnya kartu A & 3 dengan gambar sama (A hati & 3 hati atau A keriting dengan 3 keriting). Maka anda akan mendapatkan peluang untuk terjadinya flush, jika telah muncul 2 kartu dengan gambar sama dengan kartu yang anda punya, dan jika flush benar-benar terjadi, maka kartu A anda yang tertinggi flush-nya. Akan lebih bagus lagi jika kartu tersebut berpeluang flush & straight, misalnya, kartu 10 hati & J hati, ini sebuah kombinasi kartu yang bagus. Anda tinggal melihat 3 kartu pertama yang akan keluar di meja, jika mendukung kartu anda untuk flush, maupun straight, ikutlah permainan lawan anda, jika benar-benar keluar flush atau straight, raise-lah sedikit demi sedikit.
  • Jangan terlalu sering ikut bermain, jika kartu anda kurang bagus, sebab tiap putaran stack (taruhan perdana di meja) akan terus membesar, bisa-bisa anda kehabisan chip. Jagalah selalu chip anda, jangan biarkan lawan anda dengan mudah mencuri chip anda. Tunggulah momen yang tepat hinga stack turnamen membesar hingga 400 jika anda ingin nekat bermain spekulatif. Limit anda untuk nekat bermain all in, jika chip anda tersisa kurang dari 550.
  • Perhatikan karakter tiap lawan anda sejak dari awal permainan, hal ini akan berguna jika sudah memasuki putaran akhir dari babak tersebut, anda harus jeli melihat siapa-siapa saja yang bertipe permainan gertak, siapa-siapa yang bermain cermat & efektif, dan juga siapa-siapa saja yang main safe (ambil aman). Hal tersebut bermaksud untuk membantu anda dalam mengambil keputusan saat sedang bertarung dengan lawan-lawan anda. Sebab memasuki fase akhir babak (biasanya tinggal tersisa 3-5 pemain saja, & stack di meja sudah mencapai 200 atau 400 hingga 800). Ini adalah fase yang sangat krusial bagi semua peserta turnamen. Jangan biarkan lawan anda yang chipnya sudah tersisa sedikit, diberikan kesempatan untuk bangkit, berikan tekanan terhadap lawan anda yang memiliki sisa chip dibawah anda.
  • Jika pada fase akhir babak, anda adalah orang yang memiliki chip paling sedikit, maka anda mau tidak mau harus bermain spekulatif, tentunya dengan kartu yang sudah pair ditangan (misalnya 9 & 9, K & K atau lainnya), anda dianjurkan untuk melakukan all in. Namun kartu besar semacam A & K,  A&J, K & Q maupun K & J pun bisa dijadikan tumpuan anda untuk bermain agresif.
Berikutnya, saya membahas rahasia Zynga Poker yang dapat menentukan anda menang atau kalah saat memasuki babak akhir turnamen, saat bermain spekulatif dengan peserta lainnya & juga anda sendiri banyak melakukan all in. Ini rahasianya :

Tahukah anda, kalau keluarnya kartu tergantung pada kapan klik terakhir (sebelum kartu keluar) dilakukan, tergantung pada kuadran mana pada saat keputusan diklik. Banyak orang yang mengira kalau keluarnya kartu Poker itu sudah ditentukan oleh Sistem Kecerdasan Buatan (AI) Zynga, tentu saja hal ini tidaklah benar, karena keluarnya kartu Zynga Poker adalah semi-natural. Jadi, keluarnya kartu semuanya bisa berubah tergantung waktu. Berikut ilustrasinya, perhatikan gambar dibawah :


Lihat lingkaran kuning (diagram waktu tunggu yang diberikan Zynga untuk berpikir/memutuskan ikut/fold). Jika anda sebagai penentu keputusan terakhir sebelum keluarnya kartu, anda memiliki kesempatan agar kartu yang keluar sesuai harapan anda. Lalu kapan harus mengambil keputusan (klik) agar kartu yang keluar seperti yang diharapkan? Saya berikan diagramnya sebagai berikut :
  • Kuadran I : Pada arah jam 1, maka biasanya keluar kartu Q, J dan 9. Sedangkan pada arah jam 2, kartu yang sering muncul adalah 6, A dan 10. Pada arah jam 3 maka sering muncuk kartu K, 5 dan 3.
  • Kuadran II : Pada arah jam 4 sering muncul kartu 6, 7 dan 8. Pada arah jam 5, kartu yang sering keluar adalah kartu-kartu kecil seperti 2, 4 dan 6. Pada arah jam 6, sering keluar kartu K, 10 dan 9.
  • Kuadran III : Pada arah jam 7, kartu yang sering keluar adalah J, 7, dan Q. Pada arah jam 8, sering mucul kartu 4, 3 dan K. Sedangkan pada arah jam 9, kartu yang muncul biasanya A, Q dan 5.
  • Kuadran 4 : Pada arah jam 10, sering muncul kartu 6, 9 dan A. Sedangkan pada arah jam 11, kartu yang sering muncul adalah kartu-kartu menengah-bawah seperti 4, 7, dan 8. 
Misalnya : Hanya ada Anda & seorang lawan di meja poker, lalu lawan anda melakukan all in, namun anda hanya memiliki kartu 4 dan 5, tentu saja bisa di tebak kartu apa yang dipunyai lawan, ya bisa A-K, A-J, K-10, maupun Q-10. Maka jika anda berani, anda harus melakukan klik pada saat garis lingkaran kuning tepat berada di arah jarum jam 5. Niscaya kartu yang nanti keluar hanya berkisar di kartu rendah saja dan hanya ada satu kartu atas, atau mungkin kartu medium, andapun memiliki kesempatan straight yang lumayan besar.

9 komentar :

Entri Populer