Sabtu, 22 Oktober 2011

Review Single Hits Agnes Monica : Rindu

Mendaur ulang lagu lama dan dijadikan sebuah single dilakukan oleh seorang Agnes Monica. Setelah sukses menjual satu juta keping CD album kompilasi lagu terbaiknya, “Agnes Is My Name“, kini penyanyi berusia 24 tahun tersebut kembali merilis single terbarunya bertajuk Rindu di kuartal III tahun 2011 ini. Single yang masih di edarkan dibawah bendera perusahaan rekaman Aquarius Musikindo ini sudah mulai wara-wiri di tangga lagu radio-radio nasional. Seperti apa single terbaru dari diva muda Indonesia yang tengah mengejar karir internasionalnya ini? Yang pasti, lagu single tersebut memiliki nilai musik yang bagus walaupun itu adalah lagu daur ulang dari seorang penyanyi lawas. Yups, kita bahas segala sesuatu mengenai single anyar agnes ini.

Rindu adalah sebuah lagu lama yang pernah populer pada awal tahun 90-an, tepatnya tahun 1993 (saya masih duduk di bangku kelas 1 SD) ditulis oleh seniman kaliber Erros Djarot, dan dinyanyikan oleh penyanyi muda kala itu Fryda Lucyana. Lagu yang aslinya diedarkan pada tahun 1993 ini memang mempunyai kekuatan tersendiri ketika dibawakan oleh Fryda. Menurut saya Fryda berhasil “memadukan” suaranya dengan lirik dan aransemen lagunya, ditambah penghayatan yang luar biasa membuat lagu Rindu tersebut terdengar sangat melankolis dan menyayat hati. Dengan kata lain Rindu sudah menjadi semacam trademark bagi Fryda, tidak terbayangkan ada penyanyi lain yang mampu membawakannya sebaik Fryda.

Kabar Agnes Monica akan menyanyikan ulang lagu Rindu milik Fryda sudah hampir setahun ini beredar di forum Agnezone, forum fans setia Agnes Monica. Kabarnya album ini akan masuk album kompilasi milik Aquarius Musikindo dan telah rampung sekitar tahun lalu, tapi entah kenapa baru pada bulan Agustus tahun ini baru dirilis dan entah hanya dijadikan single atau dimasukkan ke dalam sebuah album. Mungkin saja single ini menjadi single penutup dari Agnes Monica dibawah naungan Aquarius Musikindo karena setahu saya Agnes sudah dikontrak oleh Sony ATV Publishing di United State sana.

Ketika mengetahui kabar bahwa Agnes akan menyanyikan Rindu, tidak terbayang sama sekali hasilnya akan seperti apa. Saya tidak berani berekspektasi terlalu besar mengingat kesuksesan Fryda membawakan lirik lagu "Rindu" yang getir dan menyentuh yang dituliskan oleh Eross Djarot. Ternyata setelah mendengarkan Rindu versi Agnes saya sungguh tercengang dengan hasilnya karena Agnes berhasil mengintepretasikan lagu ini sesuai dengan ciri khasnya sendiri, sehingga bagi orang yang belum pernah mendengarkan Rindu sebelumnya akan mengira bahwa lagu tersebut adalah lagu baru yang memang diciptakan khusus buat Agnes.

Agnes benar-benar mampu membawakan Rindu dengan nafas modern sehingga terdengar berbeda dan fresh, bahkan mampu berdiri sendiri tanpa harus dibanding-bandingkan dengan versi aslinya. Dari segi aransemen musik, "Rindu" sedikit mengingatkan saya pada single Agnes terdahulu, Matahariku, begitu juga dengan aransemen vokalnya. Yang sedikit berbeda dari aransemen vokalnya hanya ada pada bagian Bridge karena lagi – lagi Agnes menggunakan teknik Whistle Register a La Mariah Carey seperti pada lagu Karena Ku Sanggup yang memang sangat mempertunjukkan kualitas vokal Agnes yang prima. Dari segi lirik memang ada beberapa bagian yang dipotong mungkin karena mengikuti tuntutan aransemen musik dan vokal yang baru tetapi tidak mengurangi makna dari lagunya sendiri. Seperti biasa Agnes juga selalu mampu bernyanyi dengan teknik vokal dan penghayatan yang baik sehingga lagu ini bobotnya masih sama getirnya dengan versi aslinya walaupun tidak se-melankolis milik Fryda yang sangat mendayu-dayu.

Single Rindu ini menurut saya akan mampu menjadi hit lagi di Indonesia mengingat lagunya yang easy listening dan dibawakan dengan gaya yang fresh & powerfull ala Agnes Monica. Dalam lagu ini seakan membuktikan bahwa Agnes Monica adalah seorang penyanyi yang memang profesional meski di daulat untuk menyanyikan lagu lama sekalipun, Agnes tetap mengeluarkan auranya sendiri dan menghidupkan lagu tersebut dengan ciri khasnya. Rindu menjadi deretan lagu pop ballad dari Agnes Monica yang mampu menghanyutkan pendengarnya dengan lirik yang menyentuh dan penghayatan yang luar biasa. Tetapi meskipun "Rindu" hasilnya memuaskan, masih ada satu single dari Agnes Monica berjudul "Said I Love You But I Lied" yang merupakan hasil daur ulang dan dinyanyikan secara duet dengan penyanyi papan atas Amerika Serikat, Michael Bolton. Apakah dalam lagu tersebut Agnes mampu menciptakan ambience yang baru? tunggu di Music Review saya selanjutnya..! Selamat & Sukses buat Agnes dari Blogger Hothotpop..!!!

2 komentar :

  1. justru tehnik whistle register ntu yg bikin nih lagu jd lebay. bosan lama2 dgr agnes bawain lagu melankolis tp ujung2nya teriak2 gak karu2an. saya ttp berpendapat lagu rindu yg dibawain fryda still number 1

    BalasHapus
  2. agree...fyda still the best for singing this song

    BalasHapus

Entri Populer