Sabtu, 09 Juli 2011

Martyrs (2008)

Sutradara  : Pascal Laugier
Penulis      : Pascal Laugier
Bintang     : Morjana Alaoui, Mylene Jampanoi & Catherine 
                   Begin
Bahasa      : France
Genre        : Thriller, Horror, Drama
Kisah :

Kisah diawali dengan seorang gadis kecil bernama Lucie yang lolos dari bekas tempat penjagalan yang sudah tak terpakai. Ia telah dikurung & mengalami penyiksaan fisik dalam kurun waktu tertentu. Tidak ada tanda-tanda kekerasan seksual, pelaku & apa motifnya masih menjadi misteri. Kemudian Lucie dititpkan disebuah panti asuhan, dimana ia berteman dengan seorang gadis cilik bernama Anna. Anna segera mengetahui bahwa Lucie merasa sering diteror oleh sesosok makhluk menjijikkan, mengerikan, seorang wanita kurus yang dipenuhi luka.

15 tahun berlalu, Lucie menembakkan shotgun kepada seseorang di rumah sebuah keluarga yang kelihatannya normal-normal saja. Lucie menelpon Anna untuk menceritakan padanya bahwa dia akhirnya menemukan & membunuh orang yang bertanggung jawab atas kekerasan yang dialami semasa kecilnya & meminta Anna membantu menguburkan jasad keluarga itu. Pada saat datang, Anna merasa ngeri pada pembantaian tersebut, dan khawatir bahwa Lucie mungkin telah membunuh orang yang salah. Anna kemudian menemukan seorang wanita paruh baya yang masih hidup & mencoba untuk membantunya kabur. Anna berusaha untuk menyembunyikan Ibu tersebut, namun untuk yang kedua kali ini Lucie memergokinya & menghantam kepala Ibu tersebut hingga tewas.

Lucie lagi-lagi merasa diserang oleh sosok  makhluk yang menakutkan tersebut, namun yang Anna lihat adalah Lucie membentur-benturkan kepalanya sendiri ke tembok dan menyayat diri sendiri dengan pisau (makhluk tersebut sebenarnya tidak lebih dari manifestasi psikis atas kesalahan Lucie yang meninggalkan gadis lainnya yang juga ditahan & disiksa dengannya sewaktu Lucie kecil). Lucie memohon kepada sosok imajinasi, mengatakan bahwa Lucie telah membunuh kedua orang yang telah melukai meraka dan berharap makhluk tersebut berhenti menghantuinya. Lucie akhirnya menyadari bahwa makhluk tersebut takkan pernah berhenti menghantuinya & menyayat leher Lucie sendiri dengan pisau. Lucie meninggal dalam dekapan Anna.

Hari berikutnya, setelah berduka atas kematian Lucie, Anna berusaha membersihkan rumah & menemukan sebuah ruangan bawah tanah rahasia. Didalamnya terdapat seorang wanita mengerikan yang telah mengalami penyiksaan, dipenuhi dengan luka & terpasangi alat yang aneh yang tertancap di kepalanya. Ketika Anna berusaha merawat & membersihkan luka wanita tersebut, serombongan orang yang tak dikenal datang, dan menembak mati wanita tersebut. Anna ditangkap oleh ornag-orang tersebut, kemudian ia dipertemukan dengan pemimpin mereka, seorang wanita tua bernama Mademoiselle. Dia menjelaskan bahwa dia menjadi anggota perkumpulan guna menemukan rahasia setelah kehidupan, melalui seorang "Martyr". Tindakan penyiksaan secara sitemik yang dilakukan terhadap seorang perempuan muda yang diyakini, bahwa penderitaan mereka akan menghasilkan penglihatan diluar penglihatan orang biasa pada dunia lain. Sejauh ini, usaha mereka menemukan seorang "martyr" belum berhasil, dan  mereka hanya menciptakan "victim".

Anna menjadi subyek percobaan terakhir mereka dan disekap dalam sebuah kursi. Setelah batas waktu yang tak ditentukan, selama itu pula ia disiksa, dipukul, & dihancurkan mentalnya, anna berhalusinasi dimana ia dapat berkomunikasi dengan Lucie, yang mengatakan padanya "untuk pergi bersamanya & tidak lagi takut apapun. Setelahnya, Anna terbilang bahwa ia memiliki perkembangan yang jauh lebih baik daripada subyek percobaan lainnya. Dan telah mencapai tahapan akhir & dia tidak akan menderita lagi. Anna dibawa ke ruang operasi & dikuliti hidup-hidup. Dia dapat bertahan melewati semua tahapan, memasuki kondisi yang digambarkan sebagai makhluk "euphoric" (mencapai kondisi tenang jiwa & raga) dan spertinya telah mencapai fase "transcendece" (melampaui batas). Mademoiselle datang, bersemangat untuk berbicara kepada Anna mengenai pengalaman Anna selama memasuki fase tersebut. Anna membisikkan sesuatu padanya.

Anggota perkumpulan memulai pertemuan di rumah itu, untuk mempelajari penglihatan Anna yang telah diceritakan pada Mademoiselle. Sementara Madamoiselle mempersiapkan dirinya, seorang anggota yang ragu bertanya padanya apakah Anna mengatakan sudah jelas & seksama. Madamoiselle menjawab bahwa disana tidak ada ruang untuk penafsiran & bertanya padanya apakah ia bisa menggambarkan apa yang ada setelah kematian. Ketika dia bilang "tidak", Madamoiselle mengatakan padanaya "tetaplah ragu". Segera Madamoiselle menaruh pistol di mulutnya & menembak dirinya sendiri. Di akhir cerita, ada penjelasan mengenai definisi "Martyrs" berasal dari bahas Yunani, yang berarti "kesaksian".


Rating : 9,0


Download via Wupload                       atau                            Download via Torrent
     Martyrs (2008)                                                                     Martyrs (2008)


***

6 komentar :

  1. Ngeri bro filmnya...! Sadis bgt..!

    BalasHapus
  2. Iya nih, Jadi takut nontonnya...serem...

    BalasHapus
  3. Kok yg dicertain di sini beda sama filmnya ya ? Kalau dari yg udah aku tonton, Lucienya itu masih hidup dan dia mati di pelukannya Anna waktu lagi ngeliat cahaya ke langit, itu udah ending dari filmnya.

    BalasHapus
  4. kayaknya yg diliat itu yg martyrs 2015, ini yg diceritain martyrs 2008

    BalasHapus
  5. Martyrs yang 2015 itu versi remake. Saya dulu menonton film ini bareng teman-teman kuliah di tahun 2010, bulan maret.

    BalasHapus
  6. Artikel ini aja saya tulis pada bulan juli 2011, so Martyrs yang versi 2015 belum rilis dong

    BalasHapus

Entri Populer