Selasa, 02 Agustus 2011

Duel (1971)

Sutradara : Steven Spielberg
Skenario  : Richard Matheson
Bintang    : Denis Weaver, Eddie Firestone, Gene Dynarsky
Genre      : Misteri, Thriller
Studio     : Universal Studios
Bahasa    : English (UK)
Review :

Dirilis oleh Universal Studios pada tahun 1971, konon film ini nggak meledak dan hanya masuk film kategori B (film pinggiran di Amrik sono), namun mendapat banyak pujian dari para kritikus film, shootingnya pun hanya memakan waktu 2 minggu dan termasuk film low budget. Namun jangan salah, film inilah yang turut andil mencetuskan tren suspense-thriller di dekade 70an. Film ini di sutradarai Steven Spielberg. Beberapa tahun kemudian, film ke-2 Spielberg yang berjudul "Jaws" menjadi Box Office disusul rentetan Box Office lainnya dan nama Spielberg pun melambung. Sementara itu, film "Duel" ini tetap dikategorikan sebagai film kategori B. Namun buat gue, justru Duel inilah film yang hebat.

Plotnya sederhana, kisahnya tentang seorang Salesman bernama Mann yang sedang melakukan perjalanan melewati jalan pinggiran California yang sepi. Tiba-tiba, ada sebuah truck kontainer yang mengikuti mobilnya. 
Perjalanan diselingi oleh Pit Stop yang mana termasuk film dengan dialog yang minim dan menjadi lebih meningkat suspensenya. Tanpa alasan yang jelas, sepanjang perjalanan sang Salesman harus menghadapi teror maut dari truck monster tersebut yang memaksanya untuk melakukan kejar-kejaran.
Film berakhir seperti judulnya "Duel", pertarungan hidup-mati antara sedan merah kecil yang ringkih melawan digdayanya truck raksasa bermesin diesel. Dari beberapa film bertema seperti ini yang pernah saya tonton, misalnya Joy Ride, Highwayman, atau Roadrage, namun hati saya memilih film "Duel" inilah yang terbaik. 

Ya, film ini bagus banget. Dengan alur cerita yang simple, setting jalanan dan menampilkan 2 karakter itu-itu saja (sang Sales yang mengendarai sedan dan truck gila yang dikemudikan psikopat ) sudah menghabiskan durasi satu setengah jam. Yang unik lagi, sepanjang film wajah psikopat pengendara truck tidak ditampilkan, yang dapat kita saksikan hanya lambaian tangan si psikopat dibalik kemudi trucknya. Hingga film selesai, wajahnya pun tetap tidak diperlihatkan, bahkan mayatnya pun tidak kelihatan. Lalu, apakah psikopat tadi bener-bener tewas...? Ngga jelas juga. Di penghujung film hanya digambarkan truck monster ini akhirnya terjungkal ke dalam sebuah jurang. Dan sang salesman setelah tertawa merayakan kemenangan, terduduk sunyi di pinggir jurang merenungi apa yang baru saja menimpanya sambil melemparkan kerikil ditemani cahaya senja yang membuat tubuhnya menjadi setengah siluet. Good Movie Mr. Spielberg...!

Apa kata Spielberg tentang hal ini..?
"Ketakutan kita akan sesuatu yang tidak kita ketahui/mengerti, bisa jadi adalah ketakutan terbesar, maka saya sengaja tidak menampilkan wajah si Penjahat & juga motif perbuatannya, untuk memelihara ketidaktahuan penonton... efek dari ini juga membuat truk itu menjadi penjahat yang sebenarnya... lebih dari sang pengemudi... Ini poin saya. Saya memang ingin membuat film tentang monster raksasa (truk) versus manusia biasa...". 
Dialog yang terjadi dalam film ini sangat jarang (wajar saja, karena karakternya pun dapat dihitung jari). Kalian penggemar film yang anti dengan dialog, patut menonton film "Duel" ini. Dari awal sampai akhir film, full action, alhasil banyak ditemukan monolog. Spielberg dengan cerdasnya memainkan kamera untuk menghidupkan monolog ini sehingga kita pun tergiring untuk mengikuti apa yang sedang dipikirkan tokoh itu (adegan di sebuah rest area ketika Mann bingung, yang manakah pengemudi truk monster itu, sementara di dalam ada 5 orang yang sama-sama mencurigakan).
Walaupun ini film perdana Spielberg, minim budget, sedikit pemain dan nyaris tanpa efek, ternyata film ini sudah menyuguhkan sinematografi yang layak diacungi jempol dan akan membuatmu terpaku hingga film usai.


Rating : 7,8

Link download
   
Via File Serve                      Via Uploaded                 Via Torrent
                          Part 1                                   Part 1
                          Part 2                                   Part 2
                          Part 3                                   Part 3
                          Part 4                                   Part 4

(***)

1 komentar :

  1. film ini pernah dijiplak tvri tahun 80an,
    ceritanya mirip cuma judulnya saya
    lupa, maklum masih sd.yang beda
    mobilnya, kalo versi film televisi buatan
    tvri, pemeran utamanya pake holden
    premier hitam, trus musuhnya pake truk
    kepala kuning colt diesel 100ps.

    BalasHapus

Entri Populer