Sabtu, 15 Oktober 2011

Menjelajah Internet Cepat Dengan Google Chrome

Pemimpin pasar search engine saat ini Googl inc. pada tanggal 3 september tahun yang lalu meluncurkan sebuah browser bernama Google Chrome. Chrome merupakan aplikasi peramban web berbasis open source yang di kembangkan oleh google yang arsitektur softawarenya sendiri berdasarkan aplikasi-aplikasi browser open-source lainnya (termasuk webkit dan mozzilla FireFox). Tampilan browser in sangat simple dan minimalis, kita bahkan tidak akan menemukan menu bar yang biasa kita temukan di hampir semua aplikasi. hal ini akan memaksa pengguna lebih banyak menggunakan keyboard shortcut yang secara otomatis akan mempercepat dan mempermudah browsing kita. Untunglah plugin standar seperti flash player bekerja dengan baik pada Chrome. Masalah kecepatan render webpage browser ini sangat cepat walaupun berdasarkan pengalaman menggunakan, browser ini belum kecepatannya melebihi Opera apalagi jika dibandingkan dengan briowser lainnya seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox dan lain-lain.

Satu fitur menarik pada Chrome adalah modus Incognito dimana kita dapat berselancar secara anonimous dan melindungi privasi kita (mirip dengan modus private browsing pada Safari) yaitu fitur Incognito. Dalam modus incognito halaman situs yang kita lihat tidak akan tercatat dalam history browser dan search, selain itu modus ini tidak akan meninggalkan jejak lain seperti cookies, pada komputer anda setelah anda menutup jendela incognito. Sehingga semua file yang kita download dan bookmark yang kita lakukan tetap akan tersimpan.

Berikut kutipan dari jendela incognito:

Incognito tidak mempengaruhi kelakuan dari orang lain, server, atau software. Waspadai jika ada:
  • Website yang mengumpulkan atau menyebarkan informasi tentang anda
  • pegawai atau penyedia jasa Internet (Internet service providers)yang melacak halaman yang Anda kunjungi
  • Malicious software yang mencatat keystrokes(apa yang anda ketikan) dalam pertukaran smiley gratis
  • Pengawasan oleh agen rahasia
  • Orang yang berdiri di belakang anda

Fitur lainnya adalah jika kita mengetikan sebuah kata di dalam address bar otomatis kata tersebut akan di cari pada search engine default (google) yang dapat pula anda atur dan ubah pada option Chrome. menariknya google menyediakan pilihan untuk menggunakan Search Engine lain seperti Yahoo, Live, AOL, dan ASk yang tidak lain adalah saingan Google, bukti kalau Google terbuka dengan persaingan dan tidak menganut paham monopoli.

Selain itu saat membuka sebuah tab baru kita akan di sodori tampilan most visited site yang akan mempermudah kita mengunjungi situs yang biasa kita kunjungi (mirip dengan fasilitas speed dial pada Opera). Yang juga menarik adalah kemampuan element inspector untuk mengamati source page secara detail (mirip dengan Dragonfly pada Opera).

Kesimpulan: 
Browser yang sangat cepat walaupun masih dalam versi beta, sangat bisa diandalkan. Simple dan minimalis, dan loading yang ringan menjadi nilai plus tersendiri pada browser besutan google ini, namun Google Chrome tetap memiliki fitur-fitur unggul dan siap bersaing di pasar browser dunia. Dan semoga saja google nantinya akan menyediakan fitur khusus untuk lanyanan-layanannya pada bwowser ini. Kita tunggu saja..!

Bagi Anda yang ingin mendownload Google Chrome terbaru silahkan klik link di bawah:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Entri Populer