Selasa, 17 April 2012

Keunggulan & Fitur Menarik Dari Windows 8


Microsoft mengklaim bahwa mereka telah menciptakan ulang OS melalui Windows 8, sistem operasional terbaru yang baru diperkenalkan oleh perusahaan teknologi raksasa tersebut. Seperti yang dikutip dari Mashable, Rabu (14/3/2011), Microsoft memperkenalkan Windows 8 secara resmi di konferensi Build yang bertempat di Anaheim, California. Fitur-fitur seperti tampilan muka Metro, dukungan layar sentuh, peningkatan performa, menjadi andalan di OS baru tersebut.

Berikut ada 4 hal penting yang patut disimak di Windows 8:

1. Windows 8 berfungsi untuk tablet, laptop dan dekstop
Perbedaan terbesar antara Windows 8 dengan pendahulunya adalah dukungan penuh untuk banyak perangkat, tidak hanya untuk laptop dan dekstop, tapi juga untuk tablet. Selain itu Microsoft juga memperkenalkan tampilan muka Metro yang sebelumnya populer di Windows Phone.

2. Windows 8 berjalan jauh lebih cepat
OS terbaru Microsoft ini memiliki peningkatan performa yang jauh lebih cepat. ‘Jejak rekam’ aktivitas sebelumnya di memori telah dikurangi, waktu booting yang semakin sebentar (kurang dari 8 detik). Selain itu, OS tersebut juga mendukung USB 3.0 dan Hyper-V.

3. Windows 8 akan memiliki app store sendiri
Untuk mendukung browser ini, Microsoft juga meluncurkan Windows App Store. Langkah ini dilihat oleh para pengamat sebagai langkah untuk menyaingi iOS App Store milik Apple.

4. Fitur layar sentuh di Windows 8
Para pengembang di Microsoft mengakui bahwa Windows 8 dirancang untuk menggunakan fitur layar sentuh. Meski OS tersebut berfungsi cukup baik dengan mouse maupun keyboard, tapi Microsoft mengatakan bahwa tampilan muka Metro merupakan masa depan dari Windows.


5. Sopesifikasi Minimum Komputer Untuk Windows 8
Microsoft yang dikabarkan akan merilis Windows 8 Pada kuartal III 2012 medatang membuat banyak kalangan bertanya-tanya tentang minimum system requirements atau spesifikasi minimum komputer untuk memakai Windows 8. Banyak pihak menduga, Windows 8 akan membutuhkan system requirements yang besar dibandingkan windows 7. Alhasil, jika dugaan itu benar, maka Windows 8 tak ubahnya seperti Windows Vista yang bakal mengalami kegagalan dalam pemasarannya. Tapi dugaan tersebut akhirnya dipatahkan oleh pihak Microsoft dalam pernyataan resminya mengenai Windows 8 di ajang Taiwan Computex 2011. Michale Angiulo yang merupakan Kepala Divisi Planning and PC Ecosystem Microsoft mengatakan bahwa system requirements dari Windows 8 akan nyaris sama seperti Windows 7. Itu berarti komputer-komputer dengan spek hardware menengah pun bisa mencicipi Os baru besutan Microsoft tersebut. Sebuah kabar gembira untuk pemilik komputer dengan spek pas-pasan. Dugaan besarnya minimum system requirements di Windows 8 cukup beralasan ketika Windows 8 sangat baik performanya ketika digunakan dalam mode komputer ataupun tablet (touch screen). Dan kemungkinan besar para produsen tablet PC akan banyak menggunakan platform Windows 8 selain Android.
Produsen Chip ARM yang selama ini dikenal sebagai pemain di ranah Smartphone dan tablet pun bakal support Windows 8. Dengan begitu Intel dan AMD akan mempunyai pesaing baru di ranah PC dan Notebook. Berikut spesifikasi hardware minimum untuk Windows 8 :
  • Prosesor 1 GHz atau lebih tinggi, baik platform 32 (x86) bit ataupun 64 bit (x64)
  • RAM 1 GB (32 bit) atau 2 GB (64 bit)
  • Tersedia ruang hardisk minimum 16 GB (32 bit), atau 20 GB (64 bit)
  • Graphic device DirectX 9.0 dengan driver WDDM 1.0 atau lebih tinggi
  • Memberikan keuntungan input sentuh pada layar yang mendukung multi-touch
Ingin mencoba OS Windows 8 versi beta..? Silahkan download free pada link di bawah ini :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Entri Populer